Pendiri Situs Online Ini Salip Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Didunia

Saya yakin kalian pasti sering mendengar melihat ataupun membaca kisah dari orang-orang sukses yang mampu meraup keuntungan miliaran bahkan triliunan tentunya untuk mampu berpenghasilan seperti itu tak akan semudah kita membalikan telapak tangan pastinya ada proses panjang yang harus dilalui.

Terlepas dari perbedaan defenisi sukses menurut setiap orang,namun cerita tentang keberhasilan orang-orang tersebut tentu bisa jadi motivasi tersendiri bagi banyak orang untuk menggapai mimpi-mimpinya. Dan salah satu orang sukses yang kisah hidupnya banyak menginspirasi orang lain dan diceritakan dalam puluhan judul buku adalah Bill Gates. Bahkan nama Bill gates tak pernah lepas dari titel orang terkaya di dunia.

Bos Microsoft ini tidak pernah absen dan selalu mendominasi daftar orang terkaya di seluruh dunia sejak tahun 1987. Berdasarkan kalkulasi CNBC dan data Bloomberg Billionaires Index yang dilansir Liputan 6, nilai kekayaan Gates saat ini mencapai US$88,5 miliar atau sekitar Rp1.195,9 triliun! Wow, jelas angka yang tiada duanya. Tapi beberapa hari lalu posisi teratasnya sebagai orang kaya nomor 1 ini harus merosot ke nomor 2 setelah dikalahkan oleh salah satu pendiri situs online bernama Jeef Bezos. Welll, apakah nama tersebut sudah familliar di teliah kalian? Jika belum, yuk kenalan dengan dirinya.

Profil Lengkap Jeef Bezos

Jeff Bezos dilahirkan di Albuquerque, New Mexico. Jeff Bezos sejatinya dilahirkan di keluarga yang memiliki peternakan. Sejak kecil Jeff menyukai bidang-bidang terkait dengan elektronik dan teknologi. Jeff berskolah di Universitas Princeton, fakultas fisika. Jeff lulus dengan predikat summa cum laude, jurusan S1 Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Atas prestasinya, Jeff mendapat penghargaan Phi Beta Kappa dan Tau Beta Pi.

Pemuda bernama asli Jeffrey Preston lahir pada 12 Januari 1964. Jeff Bezos adalah seorang entrepreneur dan investor dari negeri pamansam, Amerika. Nama Jeff Bezos emang udah melekat sebagai entrepreneur dibidang teknologi, khususnya toko online atau e-commerce. Beberapa langkah besar yang dilakukan Jeff Bezos adalah beliau mendirikan Amazon.com, berinvestasi di Blue Origin, serta membeli media The Washington Post.

Nenek Moyang Bezos adalah orang Texas yang secara turun temurun memiliki peternakan seluas 101 km² di Cotulla. Kakeknya adalah direktur regional Komisi Energi Atom Amerika Serikat di Albuquerque yang minta pensiun lebih awal untuk bekerja di peternakan. Pada masa remaja, Bezos sering menghabiskan musim panas bersama kakeknya. Sejak kecil, Bezos sudah memperlihatkan bakatnya di bidang mekanik. Bezos balita pernah mencoba membongkar sendiri tempat tidur miliknya dengan obeng.

Bezos dilahirkan ketika ibunya yang bernama Jackie Bezos masih berusia belasan tahun. Pernikahan ayah dan ibunya hanya bertahan setahun lebih. Ibunya menikah kembali ketika Bezos masih berusia lima tahun. Ayah tiri Bezos yang bernama Miguel Bezos adalah imigran yang berasal dari Kuba. Miguel Bezos datang sendirian ke Amerika Serikat sewaktu masih berusia 15 tahun hingga akhirnya diterima di Universitas Albuquerque. Setelah mengenyam bangku kuliahan tak lama keluarga Bezos pindah ke Houston, Texas, dan Miguel Bezos bekerja sebagai insiyur di Exxon. Kelas 4 hingga kelas 6 dilewatkan Bezos kecil di Sekolah Dasar River Oaks Elementary, Houston.

Sejak belia Bezos menunjukkan minatnya pada bidang ilmu sejak masih muda. Ia gemar mengutak-utik alarm listrik supaya sang adik tidak masuk ke kamarnya. Garasi orang tua juga dijadikannya laboratorium untuk eksperimen ilmiah. Setelah orang tuanya pindah ke Miami, Florida, Bezos melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas Miami Palmetto. Ketika diterima di Universitas Princeton, Bezos ingin mengambil jurusan fisika, tetapi berubah pikiran dan mendalami ilmu komputer hingga lulus dengan gelar di bidang ilmu komputer dan teknik listrik.

Kisah Sukses Jeff Bezos

Setelah lulus dari Universitas Princeton pada tahun 1986, Jeff Bezos mengawali karir di Wall Street sebagai ahli komputer. Setelah itu, Jeff pindah kerjaan ke perusahaan bernama Fitel, yang bergerak dibidang jaringan internet. Jeff sempat pindah kerja ke Bankers Trust dan perusahaan D.E. Shaw &Co.

Kisah sukses Jeff Bezos sebagai pendiri Amazon.com dimulai pada saat Jeff keluar dari kerja pada tahun 1994. Jeff Bezos pindah dari New York ke Seattle untuk memulai membuat rencana bisnis Amazon. Jeff memulai pekerjaan dari garasi di rumahnya. Saat itu Jeff begitu yakin bahwa perkembangan pengguna internet yang pesat akan menjadi ladang untuk usaha barunya.

Amazon.com pada awal mulainya adalah toko buku online. Ide bisnis ini muncul setelah Jeff Bezos berdiskusi dengan John Ingram of Ingram Book dan Keyur Patel. Selama dua bulan pertama, Amazon menjual buku ke 50 negara bagian Amerika dan lebih dari 45 negara. Penjualan Amazon pada dua bulan pertama mencapai angka $20,000 per minggu nya.

Rencana bisnis Amazon sangat tidak biasa. Perusahaan sekelas Amazon.com belum mencetak keuntungan lebih dari 4 tahun. Amazon berhasil mencetak keuntungan pertama kali pada tahun 2001, sebesar $5 juta, pada pendapatan $1 milliar. Alhasil untuk sementara kekayaan Jeff pun ikut meningkat tajam.

Karena peringkat ini dipengaruhi oleh hasil jual-beli saham. Maka, status Bezos sebagai yang terkaya pun barhasil mengalahkan Gates namun hal itu masih bersifat sementara. Namun para analis memprediksi Bezos segera memperoleh status terkaya secara permanen dalam waktu dekat. Selama tujuh tahun terakhir, Bezos jadi yang pertama kali menggusur Gates dari pemegang status orang terkaya. Forbes menyebut pria berkepala plontos itu sebagai orang keenam yang menyandang gelar terkaya selama 30 tahun terakhir.

Bezos memang sudah beberapa waktu membayangi Gates sebagai orang terkaya dunia. Kekayaan pribadinya sangat terbantu oleh melesatnya bisnis Amazon yang berujung peningkatan nilai saham mereka. Pendiri Amazon ini sebenarnya hanya memiliki kurang dari 17 persen saham perusahaan. Kendati demikian peningkatan saham Amazon besar-besaran berhasil mengerek pendapatannya. CNBC mencatat selama lima tahun terakhir, kekayaan Bezos melesat US$70 miliar atau sekitar Rp932 triliun.

Lompatan kekayaan Bezos diperkirakan sebagai yang tersukses dalam sejarah. Bezos mendapat predikat miliuner pertama kali pada 1998 silam. Saat itu ia merengkuh total kekayaan US1,6 miliar setelah Amazon melepas saham perdana. Posisinya terus menanjak sejak itu. Peningkatan paling tajam terjadi di era 2012 ke atas. Amazon sendiri merupakan perusahaan berbasis internet dengan pertumbuhan yang sangat agresif.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini lantas mengekspansi ke sejumlah bisnis berbeda. Di industri media, mereka mengakuisisi The Washington Post pada 2013 silam. Bulan lalu Amazon telah merampungkan akuisisi perusahaan ritel Whole Foods. Mereka juga kini memproduksi peralatan elektronik seperti Echo, Kindle, hingga ponsel Fire.

Kunci Sukse Jeff Bezos

Jeff Bezos menjadi tokoh yang paling berpengaruh di bidang teknologi. Beliau berhasil menciptakan Amazon.com dan berinvestasi di banyak perusahaan. Kekayaan Jeff ditaksir tidak kurang dari $50 milliar. Nah pertanyaanya apa saja pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah sukses Jeff Bezos pendiri Amazon.com?

  • Jangan Berhenti Bereksperimen. Salah satu hal yang dipercayai oleh Jeff Bezos adalah jangan pernah berhenti untuk bereksperimen. Ambil keputusan bisnis berdasarakan data yang ada.
  • Berani Menemukan Sesuatu yang Baru (Invention). Jeff Bezos berani mengambil risiko untuk menemukan sesuatu yang baru. Beliau banyak berinvestasi di perusahaan-perusahaan baru dengan misi yang luar biasa besar.
  • Berpikir Jangka Panjang. Terakhir dan paling penting, berpikir jangka panjang. Beliau membuat bisnis Amazon.com tidak untuk jangka 1 atau 2 tahun. Dan memang benar ternyata Amazon.com membuat perubahan besar cara orang berbelanja online.

kekayaan Bezos berasal dari kepemilikan saham di Amazon.com. Pada tahun 1998, Bezos memiliki 41 persen saham Amazon.com, tetapi jumlahnya berkurang menjadi tinggal 24,26 persen (sekitar 100 juta lembar saham) pada tahun 2006. Gajinya tidak pernah naik sejak tahun 1998, besarnya AS$81.840 per tahun ditambah tunjangan sebesar AS$1,1 juta. Wihh guys uang segitu banyak kira-kira dipakek buat apa yah oleh Jeef Bezos. Penasaran? Yuk kita cari tau.

  • Properti Mewah

Rumah utama Bezos berada di Medina, Washington. Sebuah lingkungan elit di mana salah satu tetangganya adalah Bill Gates, pendiri Microsoft yang baru saja disalipnya sebagai manusia terkaya sejagat.

Tahun 1998, Bezos membeli rumah mewah 5,5 hektar itu senilai USD 10 juta. Pada waktu itu, hartanya baru USD 1,6 miliar dan untuk pertama kalinya masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes. Bezos kemudian membeli properti lain di sekeliling rumah itu dan sekarang nilainya jadi sekitar USD 70 juta.

Januari lalu, Bezos dilaporkan membeli mansion senilai USD 23 juta di lingkungan elit di Washington DC, yakni Kalorama. Tetangganya adalah orang-orang terkenal. Sebut saja mantan presiden Barack Obama serta anak Donald Trump, Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner. Masih ada lagi properti mewahnya di Beverly Hills sampai Manhattan.

  • Membiayai Bisnis Luar Angkasa

Pada tahun 2000, Bezos mendirikan perusahaan bernama Blue Origin. Perusahaan ini punya misi menyediakan transportasi bagi turis yang ingin melihat pemandangan di angkasa dengan biaya semurah mungkin. Untuk membiayai perusahaan yang jelas belum meraih untung itu, Bezos dilaporkan menjual sahamnya senilai USD 1 miliar per tahun. Dia optimistis pesawat luar angkasa besutan Blue Origin sudah dapat mengangkut turis pada tahun 2018 mendatang.

  • Transportasi Mahal

Pada tahun 1996 ketika masih merintis Amazon, Bezos hanya mengendarai mobil Honda Accord. Namun seiring bertambah kekayaannya, kendaraannya pun makin mewah. Contohnya, dia mempunya pesawat Gulfstream G-650ER senilai USD 65 juta. Pesawat pribadi itu termasuk yang paling mewah dan dapat menempuh jarak sangat panjang di kelasnya.

  • Investasi

Bezos diketahui berinvestasi di sejumlah perusahaan. Seperti startup Airbnb yang bergerak di sewa penginapan, Uber bahkan Google. Dia juga mengakuisisi beberapa perusahaan besar seperti Washington Post senilai USD 250 juta dan jaringan supermarket Whole Foods.

  • Piknik

Bezos, istrinya Mackenzie dan 4 anak mereka suka piknik. Belum lama ini, mereka kepergok jalan-jalan di Italia. Tampak orang tua Bezos dan saudara kandungnya ikut, yang menampakkan kedekatan keluarga mereka.

  • Filantropi

Dibandingkan Bill Gates, Bezos memang jauh lebih sedikit menyumbang uang buat kemanusiaan walaupun bukannya tidak sama sekali. Ia diestimasi menyumbang sejumlah USD 100 juta. Antara lain baru-baru ini dia menyumbang ke pusat riset kanker Fred Hutchinson Cancer Research Center sebesar USD 35 juta. Dia juga pernah memberi donasi USD 15 juta ke almamaternya Princeton University.

Berikut adalah video tentang JEFF BEZOS supaya kalian lebih mengenal dengan belia

Nah guys sekarang kabarnya Jeef Bezos tak hanya bergelut di online saja, Amazon juga telah mulai memperluas bisnisnya di ritel-ritel fisik. Bahkan dari kabar yang beredar, dalam waktu dekat Amazon akan mencoba peruntungan di bidang properti lho! Wah lo gila banget kan? Well, di usia Jeff yang masih 50 tahun, sejatinya Bezos telah banyak mengenyam asam garam kehidupan terutama ya yang terkait dengan bisnisnya. Intinya kesuksesannya tak hanya datang begitu aja.

Puluhan bahkan ratusan masalah mungkin saja sudah pernah di hadapinya. Orang sekarang kadang tuh cuma mau yang instan-instan aja. Melihat pencapaian si A, pengen. Melihat prestasi si B, juga berasa latah. Padahal mereka nggak tahu apa saja yang sudah dilakukan A atau B di masa lalu sehingga mereka bisa berhasil. Ya ingat aja sih, kalau setiap usaha nggak bakal mengkhianati hasil. Asal bersungguh-sungguh lho ya