Parah, Cowok Zaman Sekarang Lebih Dominan Melakukan Operasi Plastik

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata operasi plastik? Yah, berbicara mengenai operasi plastik sejauh ini yang kita tahu identik dengan kaum wanita. Untuk itu, hampir semua cewek zaman sekarang menganggap hal itu sebagai sesuatu yang wajar banget untuk dilakukan. Nah, tujuannya tak lain agar mampu mendompleng penampilan mereka meski usia harus menggerogoti.

Well, kita pun tak bisa pungkiri banyak masyarakat yang menganggap mereke begitu lebay, tak mampu mensyukuri apa yang sudah Tuhan ciptakan. Padahal nggak cuma cewek saja yang suka mengubah bentuk fisik mereka. Faktanya, cowok zaman sekarang jauh lebih antusias melakukan operasi plastik bahkan lebih heboh, nggak percaya? Mari kita telusuri lebih jauh!

Sejarah Operasi Plastik

Sejarah operasi plasik dimulai sejak 800 SM di India. Orang pertama yang bergelut di bidang operasi bedah bernama Suhruta. Pada saat itu beliau mencoba untuk membuat kontribusi penting untuk beda plastik dan katarak. Pada abad ke 19 dan 20, operasi plastik menjadi sangat umum karena teknik anestesi sudah baik sehingga operasi plastik tidak menimbulkan rasa sakit yang hebat. Puncaknya pada tahun 1946, Shuruta melakukan operasi pergantian kelamin wanita ke pria pertama di dunia. Hingga akhirnya operasi plastik menjadi sangat berkembang pada Abad 20. Yah, mungkin karna kepintaran ahli beda yang ada didunia ini membuat banyak orang mempercayai sepenuhnya akan operasi plastik. Maka tak heran dizaman serba modern ini orang-orang berlomba untuk memuluskan bentuk tubuh yang ideal. Hasilnya nya pun mengerikan, nggak percaya? lihat deh hasilnya.

Hasil Survei di Amerika Serikat

Sebuah survei yang dilakukan oleh American Academy of Facial Plastic and Reconstructive Surgery mengeluarkan hasil yang cukup terbilang menarik guys, terkait ketertarikan cowok pada operasi plastik bedah dan non-bedah. Survei yang melibatkan 618 cowok dari usia 18-34 tahun itu menunjukkan ketertarikan yang cukup tinggi, sebab 92 persen mengaku bersedia melakukan oplas demi memperbaiki penampilan mereka. Angka 92 persen ini terbagi menjadi dua golongan. Cowok usia 18-24 tahun bersedia oplas sebesar 34 persen dan sisanya diisi oleh cowok usia 25-34 tahun. Bahkan hal ini ditunjang dengan perubahan signifikan minat cowok dari tahun 1997-2016, sekitar 325 persen.

Pertanyaannya? Apa yang membuat para cowok zaman sekarang senantiasa untuk melakukan operasi plastik. Yah, mungkin beberapa faktor dibawah ini dapat menjelaskannya.

Faktor Budaya

Secara nggak langsung, banyaknya minat cowok dalam oplas kosmetik dikarenakan budaya yang menyebar-luas. Salah satunya, nggak bisa dipungkiri adalah budaya pop dari Korea yang begitu menginspirasi banyak orang. Khususnya cowok, bisa jadi mereka tertarik untuk oplas karena melihat fenomena betapa cowok Korea begitu digandrungi oleh para cewek yang tentu saja menggilai artis-artis Korea.

Parahnya, nggak cuma budaya Korea yang menginspirasi mereka. Ada seorang cowok bernama Vinny asal California yang telah melakukan serangkaian operasi sejak usia 17 tahun agar terlihat seperti alien. Dia mengaku pengen menjadi alien yang nggak memiliki gender. Makanya, kocek 2 Milyar yang dia keluarkan, dia gunakan untuk menghilangkan puting, pusar, hingga kelaminnya. Parah sekali bukan?

Perkembangan Teknologi

Ternyata bukan hanya budaya saja yang menyebabkan minat cowok meningkat untuk melakukan oplas. Tapi menurut ketua penelitian, Dr. Fred Fedok, perkembangan teknologi juga menjadi faktor penyebab yang cukup besar. Pasalnya, setiap orang, nggak cuma cewek, pengen tampil menarik dan awet muda di semua postingan mereka di media sosial. Hal ini dibuktikan dari hasil survei yang meliputi cowok usia 18-24 tahun, mereka lebih cenderung untuk melakukan botox atau operasi plastik guna tampak lebih muda. Ironi, padahal usia ini memang masih sangat muda bagi mereka. Tapi entah kenapa, botoxlah yang menjadi minat pertama bagi mereka untuk operasi.

Bagian Yang Sering Dioperasi

Berdasarkan rilis dari The American Society for Aesthetic Plastic Surgery, sepanjang tahun 2016, ada beberapa bedah plastik yang paling di minati khususnya para cowok-cowok yang ada diseluruh dunia. Nah yang paling populer adalah liposuction atau prosedur membuang lemak dari tubuh. Dr Clyde Ishii, ahli operasi plastik di Honolulu, Hawaii mengatakan, operasi mengecilkan payudara juga menjadi minat kedua para cowok. Dr Clyde melanjutkan, operasi selanjutnya yang diminati adalah kelopak mata, operasi hidung bagi para cowok usia 20-an, dan suntik botox agar terlihat lebih muda.

Sementara menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI). dilansir dari Liputan6com, masyarakat negeri ini tertarik untuk melakukan operasi estetika hidung, kelopak mata, face lift, implan payudara buat cewek dan body contouring.

Setelah melihat fakta ini, rasanya cowok nggak berhak lagi menilai cewek terlalu berlebihan ketika mereka melakukan oplas. Ya, lantaran cowok pun suka melakukan hal yang sama, khususnya para cowok berkantong tebal. Lantas, apakah bagian-bagian yang kerap menjadi sasaran oplas ini tampak begitu mengganggu bagi para cowok?