Mensa, Organisasi Untuk Orang Dengan IQ Tertinggi di Dunia

Zaman sekolah dulu, kamu pasti pernah ikut tes IQ kan? Kamu juga pasti pernah dong sok-sokan ngebandingi dan membanggakan IQ mu sama teman-teman sekelasmu. Seakan kamu yang IQ nya tinggi merasa setingkat di atas level teman-temanmu. Well, kamu jangan bangga dulu guys kalau kamu emang merasa pintar dengan IQ mu yang sekarang, gimana kalau kamu ikutan organsisasi khusus orang-orang yang ber IQ tinggi. Yap, organisasi tersebut bernama MENSA. Nah, buat kamu yang tertarik yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Mensa?

Mensa sangat identik dengan orang-orang yang memiliki otak cerdas, bahkan organisasi Mensa ini diisi oleh orang-orang dengan IQ tertinggi yang ada di dunia. Nah, buat kamu yang merasa IQ nya diatas rata-rata, syarat utama yang harus kamu penuhi ialah kamu harus berada di peringkat 2% teratas dalam ujian kepandaian yang telah disetujui dan memiliki nilai IQ 98 % atau lebih tinggi pada tes kecerdasan dengan standar yang sudah diakui secara internasional. Mensa secara resmi terdiri dari berbagai kelompok bangsa dengan organisasi Mensa internasional yang berada di Caythorpe, Lincolnshire, Inggris. 

Organisisa ini didirikan pada tahun 1946 di Inggris oleh Roland Berril dan Dr. Lancelot Ware. Saat ini Mensa mempunyai lebih dari 100.000 anggota yang berada di seluruh dunia. Menariknya, 50.000 orang diantaranya berada di Amerika Serikat guys.

Mensa sendiri berasal dari bahasa latin dan memiliki 3 arti yaitu, pikiran meja dan bulan. Mensa mengharuskan pertemuan bulanan diantara para pemikir hebat yang mengelilingi sebuah meja. Namanya menggambarkan sebuah meja bundar, di mana ras, warna kulit, keyakinan, asal, kebangsaan, usia, politik, pendidikan atau latar belakang sosial adalah relevan.

Mensa bukan merupakan organisasi yang cenderung membahas politik, isu-isu agama atau sosial. Mensa memiliki anggota dari berbagai negara begitu banyak dan budaya dengan titik pandang yang berbeda, individu anggota Mensa sering memiliki pendapat yang kuat. Dikatakan bahwa apabila di sebuah ruangan terdapat 12 anggota Mensa, Anda akan menemukan setidaknya 13 pendapat yang berbeda pada setiap kasus yang diberikan.

Anggota Mensa berkisar di usia 2 sampai lebih dari 100 tahun, namun sebagian besar antara 20 dan 60 tahun. Jika dalam pendidikan mereka berkisar dari anak prasekolah sampai dengan anak putus sekolah hingga perguruan tinggi.

Kehidupan anggora Mensa juga beragam, ada yang hidup biasa saja namun tidak sedikit pulak orang dengan sebutan miliarder. Anggota Mensa juga ada yang berisikan seorang profersor, supir truk, ilmuwan, pemadam kebakaran, programer komputer, seniman, militer, musisi, buruh, polisi dan lain-lain. Anggota Mensa juga ada diisi oleh kalangan selebriti, namun yang pasti ada banyak nama anggota Mensa yang tidak kamu ketahui heheh…

Tujuan Dari Mensa

Nah guys, tujuan didirikannya organisasi ini cukup terbilang sangat mulia. Yap, Mensa bertujuan yang tak lain untuk mengidentifikasi dan membantu perkembangan kecerdasan manusia untuk kebaikan kemanusian, mendorong penelitian pada bidang sifat, karakteristik, penggunaan kecerdasan dan untuk menyediakan lingkungan sosial intelektual bagi anggotanya. Tak hanya cukup sampai disitu, organisasi ini juga terlibat dalam program anak-anak cerdas, kecakapan menulis, membaca, beasiswa dan juga menyelenggarakan berbagai pertemuan.

Udah Ada di Indonesia

Kabar baiknya, organisai seperti ini udah ada di Indonesia lho guys, nah kalau kata pepatah sih, masih ada langit di atas langit. Tahu dong makna dari pepatah tersebut? Untuk itu, kamu jangan sombong dulu kalau punya IQ yang tinggi. Karena kamu belum tentu diterima di Mensa lho mesik IQ mu tinggi. Sebab, proses seleksi untuk menjadi anggaota Mensa bisa dibilang cukup kekat.

Gimana guys, kira-kira kamu sanggup nggak? Buat kamu yang merasa sanggup dan tertarik banget jadi anggotanya Mensa, kamu bisa daftar nih jadi anggotannya, caranya gampang banget lho. Kamu cukup liat aja ke lama resmi Mensa Indonesia (karena kamu orang Indonesia). Kamu bisa ikut kuis yang telah disediakan dulu sebelum beneran ikutan tes Mensanya

Keuntungan Yang di Dapat

Gausah khwatir guys, buat kamu yang ingin bergabung di organisasi ini, dijamin deh banyak banget keuntungan yang bakal kamu dapatkana. Nah, selain kamu bakal diberi asupan informasi dan pelatihan yang akan membantu pengembangan dirimu, jadi anggota resmi di Mensa juga akan membuat kamu kreatif dan pastinya kamu akan terlihat lebih mentereng.

Di samping itu, keuntungan sosial pun bisa kamu dapatkan dengan menjadi anggota Mensa. Bertemu dengan orang-orang cerdas dan punya pemikiran unik akan menginpirasimu untuk berkembang lebih jauh lagi. Oh iya, satu lagi nih keuntungannya. Yah, dengan ikutan jadi member dan ikut gathering yang diselenggarakan Mensa, siapa tahu kamu nemu jodoh di sana hihih…

Sayangnya, Ada Perdebatan Soal Organisasi Seperti Ini

Meski organisasi seperti ini memiliki banyak keuntungan baik bagi individu maupun dunia secara keseluruhan, namun tetap saja ada perdebatan yang mengusiknya. Salah satu pendapat paling kuat adalah soal pengguanan IQ sebagai acuan menjadi anggota Mensa. Yah, seperti yang kita tahu, IQ tinggi bukan segalanya. Percuma IQ tinggi kalau kehidupan sosial, mental serta spiritualnya jelek.

Selain itu, dikhawatirkan juga orang-orang ber-IQ tinggi yang jadi membernya akan berubah jadi orang sombong. Mendapat pengakuan sebagai orang jenius dari kumpulan orang-orang jenius bisa mengubah kepribadian seseorang. Jadi yah, ada plus minus-nya lah organisasi seperti ini.

Nah, jadi kamu tertarik nggak daftar jadi member Mensa? Jika iya, segera buruan daftar dehhh.