Gimanasih Cara Menggunakan Teori Peluang Dalam Permainan Poker, Berikut Penjelasannya

Poker bukan lagi hal tabuh bagi khalayak umum. Mungkin jenis permainan yang satu ini terbilang cukup menua. Namun, poker akhirnya memutuskan untuk berevolusi sehingga tercipta berbagai peraturan terbaru. Well, di Indonesia tentu bukan hanya poker yang dikenal banyak orang, ada permainan lain yang cukup familliar yaitu, capsa di Bandarq. Permainan ini juga tak jauh bedanya dengan poker. Tak hanya capsa varian lainnya juga adaa seperti, Texas Hodlem Poker yang sangat populer di dunia maya. Inti dari permainan ini adalah, setiap pemain memiliki lima kartu, pemain yang kartunya paling bagus dan ikut lanjut hingga akhir permainan adalah pemenangnya. Nah, buat lo yang sangat menyukai permainan poker, gue mau nunjuki nih bagaimana cara menentukan bagus atau tidaknya suatu kartu yang ada pada permainan poker. Penasaran kan? Okey, sebelum gue menjawabnya ada baiknya untuk lo tau dulu sejarahnya. Sep!

Sejarah Poker

Pada dasarnya permainan poker suda ada sejak sangat lama, akan tetapi dari mana berasalnya poker tidak dapat ketahui dengan jelas. Bentuk permainan awal dari Poker mencakup Asian betting game pada abad ke-10 dan permainan dari Persia yang dikenal dengan sebutan as nas. Primero atau Primera, sebuah permainan asal Eropa yang populer pada abad ke-16 dan 17, memiliki banyak persamaan dengan Poker modern. Permainan serupa seperti brag di Inggris, pochen di Jerman, dan poque di Perancis, muncul pada abad ke-18. Para pedagang Perancis memperkenalkan poque ke Amerika Utara pada tahun 1700, yang akhirnya dikenal dengan sebutan modernnya yang itu tadi Poker. Dulunya, poker sangat populer di dalam kapal di Sungai Mississippi dan di warung-warung di daerah perbatasan Amerika Barat selama tahun 1800an, saat dek dengan 52 kartu telah menjadi standar dan peraturan permainan mulai dibuat. Pada abad ke-20, Poker berkembang pesat di Amerika Serikat. Para tentara bermain poker untuk mengisi waktu luang selama Perang Dunia II 1939-1945, dan poker menjadi populer sebagai permainan rumahan. Pada abad ke-20, Poker berkembang pesat di Amerika Serikat, dikarenakan banyaknya waktu dan tempat perjudian yang dianggap legal di Nevada pada tahun 1931.

Para tentara bermain poker untuk mengisi waktu luang selama Perang Dunia II 1939 – 1945, dan poker menjadi populer sebagai permainan rumahan. Pada tahun 1970, Binion’s Horseshoe Casino di Las Vegas, Nevada, mulai menyelenggarakan World Series of Poker  tahunan. Dimulai dari hanya lima pemain pada awalnya, turnamen ini berkembang menjadi salah satu event terbesar dan terkaya di dunia. Biaya untuk memasuki arena WSOP adalah sebesar $10,000, tetapi banyak pemain yang dapat menghindari pembayaran tersebut dengan cara memenangkan turnamen-turnamen lain dalam skala lebih kecil yang disebut satellite sebagai gantinya tiket masuk untuk bermain. Well, begitulah kira-kira singkatnya sejarah poker. Sekarang kita masuk ketopik nya ya guys.

Bermain Poker Dengan Menggunakan Teori Peluang

Pada dasarnya, permainan Poker adalah permainan berdasarkan keberuntungan, atau kita sebut saja Hoki. Ya. keberuntungan atau lucky menjadi peranan penting dalam permainan poker ini, juara WSOP Jonathan Duhamel juga menyatakan lucky adalah faktor yang mutlak. Jadi, pemain yang mendapat kartu yang paling sulit didapatkan artinya, memiliki peluang kemunculan sangat kecil adalah pemenangnya. Kalau gitu, urutan bagus atau tidak suatu kartu harus dihitung secara matematis dengan menggunakan teori peluang. Berikut ini adalah beberapa kombinasi kartu yang diakui pada Poker :

  • One Pair

Adalah kartu dnegan komposisi satu pasangan. Misalnya, dua-hati dan dua-sekop. Ketiga kartu lainnya tidak membentuk apaapa.

  • Two Pair

Adalah kartu dengan komposisi duapasangan. Misalnya, tiga-hati dan tiga-wajik,tujuh-keriting dan tujuh-wajik, dan satu
kartu lainnya tidak membentuk apa-apa.

  • Three of a kind

Adalah kartu dengan komposisi tiga sejenis. Misalnya, As-hati, As-keriting, dan Assekop. Kemudian, kedua kartu lainnya tidak membentuk apa-apa.

  • Five Straight

Adalah kartu denggan komposisi lima berurutan. Misalnya, Sepuluh, Jack, Queen, King, dan As. Setidaknya salah satu kartu
harus berbeda bunga dengan yang lainnya.

  • Flush

Kelima kartu memiliki bunga yang sama, tetapi tidak berurutan.

  • Full House

Gabungan dari Three of a kind dengan One Pair. Tidak ada kartu yang tidak membentuk apa-apa (full).

  • Four of a kind

Empat sejenis. Misalnya, terdapat empat As. Satu kartu sisanya tidak membentuk apa-apa.

  • Straight Flush

Lima berurutan dan semuanya memiliki bunga yang sama. Misalnya, Sembilan-hati, Sepuluh-hati, Jack-hati, Queen-hati, dan
King-hati.

  • Royal Flush

Seperti Straight Flush, tetapi khusus untuk urutan Sepuluh, Jack, Queen, King, dan As. Semuanya memiliki bunga yang sama.

Nah, untuk dapat memeriksa kombinasi kartu mana yang lebih tinggi dari kartu lainnya, dapat di klakukan perhitungan peluang secara matematis.  Namun sebelum memulai, kita hitung terlebih dahulu berbagai kombinasi yang mungkin muncul jika terdapat lima kartu yang dibagikan. Kombinasi ini adalah semesta dari seluruh kombinasi lainnya. Five Cards atau biasa disebut dengan kartu semesta. Karena jumlah kartu adalah 52, maka perhitungannya menjadi sebagai berikut :

Terus, kita dapat mulai menghitung untuk kombinasi-kombinasi kartu yang diakui dalam permainan Poker. Berikut ini daftar kartu yang kita pakai:

  • One Pair

Untuk satu pasangan, ambil 4C2 , yaitu pengambilan dua kartu dari empat kartu tersedia misalnya, kartu Jack. Karena ada 13 kemungkinan, berarti 4C2x13. Untuk tiga kartu sisanya, sebut saja tiga kartu sampah, salah kalau kita pakai 48C3. Karena, jika seandainya ketiga kartu itu berhubungan misal, semuanya adalah As, maka bukan One Pair lagi namanya, melainkan Full House. Oleh karena itu, untuk tiga kartu sampah, digunakan 12C3 , yaitu dari 12 jenis kartu yang tersisa dari 2 sampai As, kecuali Jack diambil tiga jenis kartu Misalnya: 4, 7, dan 9. Dari 4, 7, dan 9 ini, terdapat 43 jenis kombinasi. Sehingga, untuk tiga kartu sampah, dapat diambil 12C3x4pangkat3. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu untuk One Pair dapat dihitung sebagai berikut:

Peluang One Pair adalah: 1.098.240 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 2,3665

  • Two Pair

Untuk mengambil dua pasangan, kita pakai 13C2, yaitu dua dari 13 kartu yang tersedia (Misalnya, Queen dan King). Masing-masing pasangan memiliki jumlah kemunculan 4C2. Jadi, total jumlah kemunculan untuk dua pasangan itu 13C2x4C2x4C2. Sementara, untuk satu kartu sisanya (kartu sampah), berarti kita harus mengambil satu dari 44 sisa kartu, yaitu 44C1. Jadi, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Two Pair dapat dihitung begini:

Peluang Two Pair adalah: 123.552 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 21,04

  • Three of a kind

Untuk mengambil tiga kartu sejenis kita pakai 4C3, yaitu pengambilan tiga kartu dari empat kartu tersedia (misalnya, kartu Jack). Karena ada 13 kemungkinan, maka totalnya adalah 4C3x13. Sementara, untuk dua kartu sampah, digunakan 12C2, yaitu dari 12 jenis kartu yang tersisa (dari 2 sampai As, kecuali Jack) diambil dua jenis kartu (Misalnya: Queen dan As). Sementara, dari Queen dan As ini, terdapat 42 jenis kombinasi. Sehingga, untuk dua kartu sampah, dapat diambil 12C2x4kuadrat. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Three of a kind dapat dihitung begini:

Peluang Three of a kind adalah: 54.912 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 47,33

  • Five Straight

Ini contoh lima kartu berurutan: 2-3-4-5-6, 3-4-5-6-7, 4-5-6-7-8, dan seterusnya sampai 10-J-Q-K-As. Seluruhnya terdapat sembilan jenis urutan. Masing-masing urutan memiliki jumlah kombinasi sebesar 45. Dikurangi dengan urutan yang seluruhnya memiliki kesamaan pada bunga (agar tidak terjadi Straight Flush), menjadi 45-4. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Five Straight dapat dihitung sebagai berikut:

Peluang Five Straight adalah: 9.180 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 283,111

  • Flush

Untuk mendapatkan lima kartu yang sama bunga, berarti kita bisa mengambil lima kartu dari 13 kartu tersedia, yaitu 13C5. Dikurangi dengan sembilan kartu urutan (agar tidak terjadi Straight Flush), menjadi 13C5-9. Karena terdapat empat jenis bunga (Sekop, Hati, Keriting, dan Wajik), maka hasil tersebut dikalikan dengan empat. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Flush dapat dihitung sebagai berikut:

Sehingga, peluang Flush adalah: 5.112 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 508,404

  • Full House

Untuk mengambil tiga kartu sejenis, digunakan 4C3, yaitu pengambilan tiga kartu dari empat kartu tersedia misalnya, kartu As. Karena ada 13 kemungkinan, maka totalnya adalah 4C3x13. Untuk satu pasangan, kita bisa ambil 4C2, yaitu pengambilan dua kartu dari empat kartu tersedia misalnya, kartu Jack. Karena satu jenis kartu sudah diambil untuk tiga sejenis, maka tersisa 12 kemungkinan, berarti 4C2x12. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Full House dapat dihitung sebagai berikut :

Sehingga, peluang Full House adalah: 3.744 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 694,167

  • Four of a kind

Untuk mengambil empat kartu sejenis, digunakan 4C4, yaitu pengambilan empat kartu dari empat kartu tersedia. Karena ada 13 kemungkinan dan 4C4 adalah sama dengan satu, maka totalnya adalah 1×13. Untuk satu kartu sampah, berarti kita mengambil satu kartu dari 48 sisa kartu, yaitu 48C1=48. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Four of a kind dapat dihitung sebagai berikut :

Sehingga, peluang Four of a kind adalah: 624 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 4.165

  • Straight Flush

Untuk mendapatkan lima kartu berurutan dan sama bunga, dapat berupa urutan-urutan berikut ini: 2-3-4-5-6, 3-4-5-6-7, 4-5-6-7-8, dan seterusnya sampai 9-10-J-Q-K. Seluruhnya terdapat delapan jenis urutan 10-J-Q-K-As tidak termasuk karena merupakan Royal Flush. Masing-masing urutan hanya memiliki satu jenis kombinasi karena bunganya harus sama. Karena terdapat empat bunga, maka totalnya menjadi 8x1x4. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Straight Flush dapat dihitung sebagai berikut :

Sehingga, peluang Straight Flush adalah: 32 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 81.217,5

  • Royal Flush

Menghitung Royal Flush adalah yang paling mudah. Jelas bahwa hanya terdapat empat kemungkinan untuk mendapat kan Royal Flush, yaitu 10-J-Q-K-As Sekop, 10-J-Q-K-As Hati, 10-J-Q-K-As Keriting, dan 10-J-Q-K-As Wajik. Dengan demikian, jumlah kombinasi kartu yang mungkin untuk Royal Flush adalah empat.

Sehingga, peluang Royal Flush adalah: 4 : 2.598.960 Atau sekitar 1 : 649.740

Seberapa yakin kita bahwa perhitungan di atas sudah benar semuanya? Kalau belum yakin, coba aja cross-check dengan konsep dasar peluang: Semua peluang yang ada kalau dijumlahkan totalnya harus sama dengan satu.

Peluang One Pair + Two Pair + Three of a kind + Five Straight + Flush + Full House + Four of a kind + Straight Flush + Royal Flush + Kartu Sampah = 1

Berarti kita hitung lagi, berapa peluang kemunculan KARTU SAMPAH, yaitu kartu yang tidak membentuk kombinasi apa-apa. Pada kartu sampah, tidak boleh terdapat sama angka 2-10 maupun gambar J-Q-K-As. Tidak boleh kelimanya berurutan dan juga tidak boleh kelimanya memiliki bunga yang sama. Oleh karena itu, untuk menghitung jumlah kombinasi yang mungkin, kita bisa pakai 13C5, yaitu mengambil lima kartu dari 13 2 sampai As kartu tersedia. Karena masing-masing angka dan gambar memiliki empat macam bunga, maka kelima kartu yang diambil tersebut memiliki jumlah kombinasi 45. Sehingga, total kombinasi menjadi :

Namun, Five Straight, Flush, Straight Flush, dan Royal Flush masih termasuk pada kombinasi ini. Oleh karena itu, jumlah kombinasi sampah adalah 13C5x4pangkat5 dikurangi dengan keempat kombinasi yang baru saja disebutkan, sebagai berikut:

Sehingga, peluang kemunculan kombinasi sampah adalah 1.303.560 : 2.598.960 atau sekitar 1 : 1,99374

Nah, setelah kita mengetahui berbagai peluang dari tiap-tiap kombinasi kartu dalam poker, kita bisa mengurutkan nilai kombinasi kartu tersebut dari yang tertinggi sampai terendah. Lihat tabel berikut :

Nah, pada tabel diatas terlihat bahwa jumlah seluruh kombinasi yang ada adalah sebesar 2.598.960. Kalau lo ngeh, angka ini sejatinya  adalah angka yang sama dengan kombinasi semesta yang dihitung pada perhitungan awal di Five Cards.  Selain itu, jumlah seluruh peluang dari tiaptiap kombinasi adalah satu. Hal ini sesuai dengan teori peluang, dimana jumlah peluang tiap-tiap kejadian harus sama dengan satu. Berdasarkan kepada fakta tersebut, sementara ini, kita bisa menganggap bahwa perhitungan yang telah dilakukan sudah benar. Ternyata, peluang kemunculan beberapa kombinasi kartu dalam permainan Poker memiliki nilai yang relatif kecil. Kalau begitu, bagaimana mungkin seseorang dapat memperoleh kombinasi-kombinasi yang tinggi seperti Full House dan lain-lainnya? Salah satu rahasianya terletak pada jumlah permainan. Jangan dilupakan bahwa permainan Poker ini tidak hanya dilakukan sekali, melainkan berkalikali. Jadi, jangan kaget jika setelah 695 kali putaran lo mendapat Full House pada saat kartu baru.

Kesimpulan

Oke, jadi kesimpulannya adalah poker merupakan salah satu permainan yang menggunakan kartu remi dalam memainkannya dan menjadi permainan judi online yang sangat diminati di dunia untuk saat ini. Peraturan dalam permainan poker ini didasari oleh teori peluang, yaitu urutan peluang munculnya kombinasi kartu tertentu yang menentukan kemenangan dari permainan poker. Dari hasil percobaan dan perhitungan yang gue lakukan, terdapat urutan-urutan peluang komposisi kartu yang ternyata sesuai dangan urutan komposisi kartu dalam permainan poker. Dan pada perhitungan, jumlah seluruh kombinasi yang ada adalah sebesar 2.598.960 . ini merupakan angka yang sangat besar. Dengan urutan nama kombinasi dari yang paling besar hingga paling kecil :

  1. Royal flush
  2. Straight flush
  3. Four of a kind
  4. Full house
  5. Flush
  6. Five straight
  7. Three of a kind
  8. Two pair
  9. One pair
  10. No pair

Peluang kemunculan beberapa kombinasi kartu ini ternyata sangat kecil. Sekali lagi gue katakan permainan kartu tidak dilakukan hanya untuk satu kali, melainkan berkalikali. Inger berkali-kali ya sob. Hal inilah yang memperbesar peluang muculnya kombinasi kartu tertentu tersebut. Hal kedua yang memperbesar kemungkinan munculnya kombinasi kartu tertentu terletak pada penukaran kartu. Setiap pemain memiliki ksempatan untuk menukar kartu. Dengan peraturan permainan kartu itu, peluang mendapatkan kartu tertentu menjadi semakin besar, karena faktor subjektif dari pemain lawan yang menahan kartu bagus dan membuang kartu yang tidak membentuk apa-apa. Dengan demikan, peluang kemunculan kartu tertentu ini tidak acak lagi.

So guys, demikianlah artikel ini gue buat, untuk segala kekurangannya gue selaku penulis memohon maaf ya hehehe.. Semoga ini bermanfaat. Seeyou next article ya guysss….